Selayang Pandang
A. Sejarah Singkat Berdirinya
Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kulim Jaya Kecamatan Lubuk Batu Jaya
Berdirinya
Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah merupakan ide dari para Dai Transmigrasi SKP II,
yang terdiri dari Transmigrasi di SP 1, SP 2, SP 3, SP 4, SP 5, dan SP 6 serta
masyarakat Transmigrasi di Lubuk Batu Tinggal. Sebuah ide yang timbul
disebabkan beberapa faktor. Adapun faktor-faktor yang menjadi dasar pendirian
Madrasah Tsanawiyah tersebut adalah:
- Di daerah SKP II belum ada
Madrasah setingkat SMP.
- Lokasi pemukiman Transmigrasi
dengan sekolah setingkat SMP atau MTs sangat jauh.
- Keinginan masyarakat untuk
mendirikan sekolah.
Dengan dasar inilah, maka pada tanggal 19 Mei 1992 berdirilah sebuah
Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah.
Pelaksanaan
pendidikan pertama kali pada Madrasah ini dilakukan di Desa Lubuk Batu Tinggal
selama 2 tahun. Dimulai dari tangggal 19 Mei 1992 sampai dengan 1994. Hal ini
disebabkan di pemukiman Transmigrasi atau SP 5 belum mendapat persetujuan dari
Kepala Unit Pemukiman Transmigrasi (KUPT).
Namun dalam
perkembangannya, Madrasah Tsanawiyah ini dipindahkan ke daerah SP 5. hal ini
disebabkan ditempat lama yaitu di daerah Lubuk Batu Tinggal kurang berkembang.
Ditambah lagi lokasi Madrasah Tsanawiyah ini jauh dari pemukiman Transmigrasi,
dan juga di Lubuk batu Tinggal, sekolah ini kurang diminati oleh siswa-siswi.
Pada tahun 1994
sampai 26 Juli 2002, Madrasah Tsanawiyah ini menempati gedung PONPES Nurul Huda
di dusun Panca Karya dengan status pinjaman. Baru pada tanggal 28 Juli 2002,
Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah pindah ke gedung sendiri yang dibangun oleh
pihak yayasan dengan imbal swadaya dengan pemerintah dan juga bantuan dari PTP
V Nusantara. Bangunan Madrasah ini terletak pada tanah yang berukuran luas 2
hektar, merupakan hibah dari desa Kulim Jaya.[1]
Pada tahun 2005, Madrasah Tsanawiyah berstatus terakrediasi B (diakui) dan pada
tahun 2008 diakreditasi lagi juga lulus dengan berstatus terakreditasi B.
Pada dasarnya perkembangan Madrasah Tsanawiyah
Al-Hidayah telah mengalami kemajuan ditandai dari mulai berdirnya yang
mengalami lokasi sering berpindah-pindah dengan status gedung yang dipakai
merupakan pinjaman. Sekarang telah menempati gedung milik sendiri, kedua
ditandai juga dengan perkembangan siswa yang pada awal berdiri jumlah siswa
hanya 9 orang. Akan tetapi ditahun pelajaran 2009/2010 ini jumlah siswa sebagai
peserta didik 108 siswa yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX.
Sedangkan dalam
proses perkembanganya menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) 2006,
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dan peraturan Menteri Agama RI
Nomor 2 Tahun 2008 tentang SKKD Kurikulum Pelajaran Agama Departemen Agama.
Adapun pelaksanaan proses pembelajaran pada pagi hari mulai pukul 07.30 WIB
sampai pukul 13.20 WIB.
B. Visi dan Misi
Visi MTs. Al-Hidayah Kulim Jaya adalah mewujudkan siswa
berilmu agama, berpengetahuan, memeiliki keterampilan dan berahklaqtul karimah.
Sedangkan misinya
adalah:
- Menyediakan fasilitas pendidikan
yang memadai
- Tenaga guru yang terampil dan
professional
- Meningkatkan pelayanan pendidikan
- Hubungan yang harmonis antara
guru, siswa dan lingkungan yang mendukung.
C. Lokasi dan Status Bangunan
Lokasi Madrasah Al-Hidayah Kulim Jaya terdapat pada
lahan seluas 2000M
Teletak di[2] : Jl. Depan
Masjid Baiturrahman Kulim Jaya
Desa/Kelurahan :
Kulim Jaya
Kecamatan : Lubuk Batu Jaya
Kabupaten : Indragiri Hulu
Propinsi : Riau
Nomor Statistik : 121 2 1402 000 9
Tanggal : 19-4-1994
Status Sekolah : Swasta
Akreditasi : B
Jarak ke Pusat Kecamatan : 2 KM
Gedung : Milik sendiri
D. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang dimiliki MTs. Al-Hidayah Kulim
Jaya pada tahun Pelajaran 2009/2010 dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Tabel 3.1
SARANA DAN PRASARANA
No |
SARANA DAN PRASARANA |
JUMLAH |
1 |
Kantor |
1 buah |
2 |
Ruang belajar/kelas |
5 buah |
3 |
Perpustakkaan |
1 buah |
4 |
WC guru |
1 buah |
5 |
WC siswa |
2 buah |
6 |
Tempat wudhu |
1 unit |
7 |
Meja dan kursi guru |
12 buah |
8 |
Meja dan kursi siswa |
120 pasang |
9 |
Papan tulis |
9 buah |
10 |
Almari |
9 buah |
11 |
Meja kursi tamu |
1 set |
12 |
Mesin tulis |
1 buah |
13 |
Rak buku |
1 buah |
14 |
Jam dinding |
7 buah |
15 |
Lonceng |
1 banh |
16 |
Tiang bendera |
2 buah |
17 |
Bendera merah putih |
3 buah |
18 |
Gambar presiden |
6 buah |
19 |
Gambar wakil presiden |
6 buah |
20 |
Meja kursi kepala sekolah |
1 buah |
21 |
Peta dinding riau |
3 buah |
22 |
Teks pancasila |
6 buah |
23 |
Teks sumpah pemuda |
1 buah |
24 |
Lapangan bola volley |
1 buah |
25 |
Lapangan tennis meja |
1 buah |
26 |
Alat peraga IPA |
1 set |
27 |
Alat Peraga Matematika |
1 set |
28 |
Alat musik rebana |
1 set |
29 |
Uks |
1 set tempat tidur |
30 |
Diesel |
2 buah |
31 |
TV |
2 buah |
32 |
DVD |
1 buah |
33 |
Peta dinding |
4 buah |
34 |
Sound sistem |
2 buah |
35 |
Radio Tape |
1 buah |
36 |
Komputer |
13 buah |
Sumber data: Kantor MTs Al-Hidayah Kulim Jaya
Dari data di atas
dapat dilihat bahwa sarana dan prasarana yang dimiliki MTs Al-Hidayah sudah
cukup memadai, akan tetapi masih memerlukan bantuan dan kerjasama dari berbagai
phak, baik dari wali murid, masyarakat maupun pemerintah, karena alat peraga
atau media pembelajaran dan laboratorium perlu dipikirkan adanya demi
kelancaran dan keberhasilan proses pembelajaran supaya lebih baik.
E. Keadaan Siswa dan Tenaga
Pengajar
1. Keadan siswa MTs.
Al-Hidayah Kulim Jaya
Saat ini siswa yang
sekolah di MTs. Al-Hidayah berasal dari tamatan dari beberapa sekolah dasar
(SD) di kecamatan Lubuk Batu Jaya kabupaten Indragiri Hulu. Kebanyakan siswa
tersebut berasal dari keluarga yang ekonominya kurang mampu.
Komentar
Posting Komentar